spot_img
Kamis, Oktober 17, 2024
spot_img
BerandaNTBSUMBAWAGerakan Pangan Murah Kembali Digelar di Sumbawa

Gerakan Pangan Murah Kembali Digelar di Sumbawa

Sumbawa Besar (Suara NTB)- Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Sumbawa, kembali menggelar gerakan pangan murah (GPM)  di kecamatan Sumbawa tepatnya di Taman Mangga, untuk menekan inflasi yang kiranya akan terjadi.

“Saat ini memang untuk GPM sangat dibutuhkan masyarakat, apalagi saat ini sedang dalam musim kemarau sehingga pasokan pangan sangat dibutuhkan, ” kata Kadis DKP Sumbawa, Irin Wahyu Indarni dalam laporannya, Rabu 16 oktober 2024

GPM serentak ini, lanjut Irin, dilaksanakan dalam rangka Hari Pangan Sedunia ke XXXXIV yang dipusatkan di Taman Mangga. Kegaiatan GPM bertemakan “Right Foods For Abetter Life and Abetter Future” arti hak atas pangan untuk kehidupan dan masa depan yang lebih baik.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran kita akan kewajiban memenuhi hak atas makanannya yang beragam, bergizi seimbang sekaligus, menekan laju inflasi daerah dan menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan, ” ucapnya.

Irin melanjutkan, kegiatan ini sebagai bentuk ikhtiar Pemerintah untuk memenuhi kebutuhan pokok masyarakat seperti beras, telur, minyak goreng, daging ayam, dan sembako lainnya. Tentu barang tersebut dibeli dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan kios masyarakat.

“Alhamdulillah untuk kondisi pangan kita tidak menghawatirkan, tetapi membutuhkan sedikit sentuhan pemerintah untuk menekan harga bahan pokok yang terjadi di pasaran makanya kita gelar GPM ini, ” tambahnya.

Dia pun meyakinkan, GPM ini setiap tahun dilakukan agar Indeks Harga Konsumsi (IHK) bisa turun. Karena pada prinsipnya untuk menekan laju inflasi ditentukan oleh perilaku konsumen jika harga tinggi maka daya beli masyarakat akan rendah.

“Kami tetap berusaha agar IHK kita terkendali dan turun salah satunya adanya opsi pembelian pangan dengan harga yang lebih murah untuk membantu masyarakat,” timpalnya.

Sementara itu Pjs. Bupati Sumbawa, Dr. Najamuddin Amy menyampaikan Pemerintah terus berupaya menjaga stabilitas harga pangan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Salah satu dengan menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) Serentak Kabupaten Sumbawa.

“Kami berharap program ini dapat memberikan manfaat nyata bagi masyarakat salah satunya untuk menekan inflasi daerah, ” ucapnya.

Selain itu, GPM ini merupakan bentuk komitmen pemerintah daerah dalam memastikan ketersediaan pangan yang berkualitas dengan harga terjangkau bagi seluruh lapisan masyarakat. “Melalui program ini, kami berharap beban pengeluaran masyarakat dapat berkurang, terutama untuk kebutuhan pokok sehari-hari,”  tukasnya. (ils)

IKLAN

spot_img
spot_img
RELATED ARTICLES
- Advertisment -


VIDEO