spot_img
Jumat, September 20, 2024
spot_img
BerandaHEADLINEKembangkan Kawasan The Mandalika, ITDC Tegaskan Komitmen Libatkan Masyarakat Lokal

Kembangkan Kawasan The Mandalika, ITDC Tegaskan Komitmen Libatkan Masyarakat Lokal

Praya (Suara NTB)Injourney Tourism Development Corporation (ITDC) menegaskan komitmennya untuk melibatkan masyarakat lokal dalam berbagai program terkait pengembangan kawasan The Mandalika. Baik itu secara langsung dengan merekrut masyarakat lokal sebagai bagian dari ITDC. Maupun secara Tidak langsung dengan melibatkan masyarakat secara aktif dalam setiap kegiatan atau event yang digelar di kawasan The Mandalika. Khususnya di Pertamina Mandalika International Circuit.

“Komitmen kami sudah jelas, mendorong partisipasi masyarakat sekitar dalam pengembangan kawasan The Mandalika. Sekaligus mendukung upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) masyarakat lokal,” tegas Direktur Utama ITDC Ari Respati, dalam keterangnya, Senin, 22 Juli 2024.

Ia menjelaskan, salah fokus utama ITDC bagi masyarakat lokal yakni menyediakan berbagai jenis pelatihan dan sertifikasi bagi tenaga kerja lokal. Guna meningkatkan kualitas dan kualifikasi serta daya saing di pasar internasional.

Salah satu contoh yakni tenaga marshall untuk ajang balapan MotoGP.  Saat ini total sudah ada 380 orang marshall dari masyarakat lokal yang telah mendapat sertifikasi internasional. Yang berarti, para marshall tersebut bisa dilibatkan diberbagai ajang balap dunia di negara-negara lainnya, jika dibutuhkan. “Para marshall kita seluruhnya mendapat sertifikasi internasional. Artinya, kemampuan mereka sudah mendapat pengakuan internasional,” terangnya.

Selain itu, banyak juga program pelatihan dan pemberdayaan masyarakat lokal yang telah dilaksanakan bahkan sejak tahun 2017 silam. Seperti pelatihan bahasa asing, pelatihan mekanik, Integrated Farming System di desa penyangga dan pelatihan budidaya jamur serta handicraft. Ada juga dan pelatihan tata rias hingga  InJourney Hospitality House (IHH).

Bagi kalangan anak-anak, ITDC juga telah meluncurkan program Mandalika Child Learning Center sejak tahun 2023 dan hingga saat ini masih berjalan. “Semua program tersebut diharapkan bisa mendukung pengembangan dan pengelolaan KEK Mandalika. Sekaligus dapat mempersiapkan masyarakat dalam menyambut berbagai event internasional,” jelasnya.

Sehingga pada akhirnya bisa membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar secara keseluruhan. Dan, dengan komitmen untuk melibatkan masyarakat lokal serta dukungan yang signifikan dari masyarakat sekitar kawasan The Mandalika, pengembangan kawasan The Mandalika bisa berjalan lancar serta sukses. (kir)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -


VIDEO