spot_img
Minggu, Juli 14, 2024
spot_img
BerandaEKONOMI4 Cara Mengatasi Bau Tidak Sedap dari AC

4 Cara Mengatasi Bau Tidak Sedap dari AC

Bau pada air conditioner atau AC biasanya disebabkan oleh kelembapan udara yang tinggi, kotoran, serta sistem sirkulasi udara. Bila dibiarkan begitu saja, tentu lama kelamaan akan mengganggu kesehatan tubuh.

Nah, berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan buat mengatasi bau tidak sedap dari AC.

  1. Membersihkan Filter AC

Kotoran dan debu yang menumpuk di dalam filter AC dapat menimbulkan bau tidak sedap. Jadi, pastikan kamu mencucinya secara rutin. Caranya dengan lepaskan filter, cuci dengan air bersih atau gunakan penyedot debu untuk menghilangkan kotoran yang menempel. Pastikan filter benar-benar kering sebelum dipasang kembali.

  1. Periksa dan Bersihkan Saluran Pembuangan

Kadang-kadang, bau tidak sedap juga bisa muncul dari saluran pembuangan yang tersumbat. Jadi, kamu perlu memeriksa dan membersihkan saluran pembuangan AC secara berkala. Kamu bisa menghilangkan kotoran dengan memakai vakum atau perangkat khusus.

  1. Gunakan Filter Karbon Aktif

Filter karbon aktif dapat membantu menghilangkan bau tidak sedap dari udara yang disirkulasikan oleh AC. Cukup pasang filter ini di dalam sistem AC untuk menyerap bau tidak sedap. Namun, ada juga alat penyejuk ruangan yang sudah dilengkapi filter satu ini. Tentu, harga AC dengan fitur yang canggih akan jauh lebih mahal dari biasanya.

  1. Kontrol Kelembaban Ruangan

Sirkulasi udara di dalam ruangan perlu diperhatikan. Bila terlalu lembap, maka bisa memicu pertumbuhan jamur dan bakteri yang dapat menyebabkan bau tidak sedap. Nah, kamu bisa memakai dehumidifier untuk menyerap kelembapan di dalam ruangan.

Itu dia beberapa langkah mudah yang bisa kamu lakukan biar udara di dalam ruangan selalu bersih dan tidak berbau. Nah, kamu dapat belanja perlengkapan elektronik terbaik hanya di toko resmi online INFORMA melalui ruparupa. Di sini, kamu bisa membeli mesin cuci, TV LED, hingga kulkas dengan harga lebih hemat karena ada banyak promo menarik. Yuk, belanja sekarang! (r)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -



Most Popular

Recent Comments