spot_img
Sabtu, Juli 20, 2024
spot_img
BerandaNTBMotoGP 2024, Presiden Jokowi, Presiden dan Wapres Terpilih Diagendakan Hadir

MotoGP 2024, Presiden Jokowi, Presiden dan Wapres Terpilih Diagendakan Hadir

Mataram (Suara NTB) – Pelaksanaan MotoGP pada bulan September 2024 ini akan menjadi yang paling spesial dalam sejarah perhelatan MotoGP di Sirkuit Mandalika. Bagaimana tidak, pada event yang disiarkan ke seluruh dunia ini berdekatan dengan pergantian kepemimpinan di republik ini.

Terkait hal ini, menurut Direktur Utama PT. Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Nusantara Jaya Priandi Satria didampingi Samsul Purba, event MotoGP ini rencananya akan ditonton langsung oleh Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo (Jokowi) dan jajaran Kabinet Indonesia Maju.

Tidak hanya Presiden Jokowi dan jajaran Kabinet Indonesia Maju, event MotoGP ini dijadwalkan juga akan ditonton oleh Presiden dan Wakil Presiden (Wapres) terpilih H. Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. “Bahkan, pihak-pihak yang akan dipercaya menjadi menteri nanti juga dijadwalkan hadir menonton langsung di Sirkuit Mandalika,” ujarnya saat silaturahmi dengan Penjabat (Pj) Gubernur NTB Hassanudin di Ruang Tamu Utama, Kantor Gubernur NTB, Kamis, 4 Juli 2024.

Hadir mendampingi Pj Gubernur Asisten II (Perekonomian dan Pembangunan) Setda NTB Dr. H. Fathul Gani, M.Si., Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga NTB Tribudi Prayitno dan Direktur RSUD Provinsi NTB dr. H. Lalu Herman Mahaputra, M.Kes., dan Lalu Suryadi Mulawarman dari Dinas Pariwisata NTB.

Adanya rencana kehadiran petinggi negara hadir menonton langsung MotoGP di Sirkuit Mandalika, ujarnya, merupakan kepercayaan besar yang harus diemban oleh pihak penyelenggara, dalam hal ini MGPA. Meski demikian hal ini tidak akan bisa terlaksana jika tanpa ada dukungan penuh dari pemerintah daerah dan elemen lainnya di daerah ini.

Untuk itu, pihaknya mengharapkan adanya dukungan dari pemerintah daerah, sehingga event MotoGP yang digelar di Indonesia lebih baik dari sebelumnya. Pihaknya juga mengharapkan dukungan terhadap sejumlah fasilitas pendukung pelaksanaan MotoGP, seperti masalah transportasi, kebersihan, akomodasi perhotelan, UMKM dan lainnya.

Tidak hanya itu, tambahnya, jika pada tahun sebelumnya, pihak penyelenggara di Indonesia lebih banyak mengikuti arahan pihak Dorna, khususnya di lokasi-lokasi yang strategis dalam pemasangan baliho atau gambar yang berkaitan dengan objek wisata. Sementara di beberapa sirkuit saat event MotoGP berlangsung, lokasi -lokasi tersebut boleh diisi dengan baliho yang sifatnya promosi. Untuk itu, pada tahun ketiga pelaksanaan MotoGP di Sirkuit Mandalika ini, pihaknya akan berusaha mengisi space tersebut dengan objek wisata di NTB.

Menanggapi hal ini, Pj Gubernur Hassanudin mendukung penuh pelaksanaan MotoGP di Sirkuit Mandalika. Selain itu, memperbaiki atau menyempurnakan layanan yang belum maksimal pada pelaksanaan MotoGP sebelumnya.

“Sempurnakan yang belum sempurna pada penyelenggaraan tahun sebelumnya. MotoGP tahun ini diharapkan lebih baik dari segala aspek,” ujarnya mengingatkan.

Selain itu, tambahnya, pada jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang memiliki tanggung jawab  agar lebih maksimal dalam mendukung pelaksanaan MotoGP. Apalagi event ini akan dihadiri langsung oleh Presiden Jokowi dan Presiden dan Wapres Terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. Hal ini, ujarnya, merupakan peristiwa yang langka, sehingga harus dipersiapkan dengan sebaik mungkin.

Mantan Pj Gubernur Sumatera Utara ini juga mengingatkan pada jajaran pelaksana, khususnya MGPA agar pada event MotoGP ini tetap mengedepankan kearifan lokal. Dicontohkan, ketika pelaksanaan MotoGP yang pertama, ketika saat balapan berlangsung turun hujan dengan  deras. Saat itu, tampil pawang hujan, Rara yang menarik perhatian pembalap dan menjadi pembeda dari pelaksanaan MotoGP di negara lain.

Untuk itu, harapnya, kearifan lokal ada event MotoGP ini harus lebih banyak ditampilkan. (ham)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -


Most Popular

Recent Comments