spot_img
Kamis, Juli 25, 2024
spot_img
BerandaPENDIDIKANUjian Jalur Mandiri Unram Dipastikan Digelar Pekan Depan

Ujian Jalur Mandiri Unram Dipastikan Digelar Pekan Depan

Mataram (Suara NTB) – Universitas Mataram (Unram) memastikan pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk seleksi penerimaan mahasiswa baru Jalur Mandiri pada Senin, 8 Juli 2024 sampai dengan Senin, 15 Juli 2024. Peserta UTBK Jalur Mandiri harus mempersiapkan diri dengan memperhatikan ketentuan materi soal dalam UTBK tersebut.

Kepala Biro Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unram, Dwi Siswanto, S.Kom., MM., pada Kamis, 4 Juli 2024 memastikan pihaknya melaksanakan UTBK Jalur Mandiri Unram mulai pekan depan. Ia mengingatkan agar calon mahasiswa memanfaatkan peluang terakhir masuk ke Unram melalui jalur mandiri ini. “Tes UTBK sesuai jadwal yang diumumkan. Setelah UTBK, pengumuman kelulusan pada 26 Juli 2024,” ujarnya.

Pihaknya mengingatkan, peserta UTBK jalur mandiri Unram perlu memperhatikan materi soal ujian. Materi soal ujian jalur seleksi mandiri terdiri dari Tes Potensi Skolastik (TPS), yang merupakan jenis tes yang mengukur kemampuan kognitif yang dianggap penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi.

“Dalam TPS, yang akan diuji adalah kemampuan penalaran umum, kemampuan kuantitatif, pengetahuan dan pemahaman umum, serta kemampuan memahami bacaan dan menulis, serta kemampuan kuantitatif yang mencakup pengetahuan dan penguasaan matematika dasar,” ujar Dwi.

Kemudian, materi lainnya, Tes Literasi Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Dwi menjelaskan, jenis tes ini mengukur kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks untuk menyelesaikan masalah dan pengembangan kapasitas.

Terakhir, Tes Penalaran Matematika, yang merupakan jenis tes yang mengukur kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan.

Pendaftar program studi jenjang S1 dan Diploma III pada jalur mandiri Unram adalah lulusan SMA/MA/SMK tahun 2022, 2023 atau 2024. Ia juga menegaskan, pendaftar yang sudah Lulus di Jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) tidak diperkenankan mendaftar di jalur Seleksi Mandiri. “Apabila ditemukan mendaftar di jalur seleksi mandiri maka akan digugurkan dalam seleksi mandiri,” tegasnya.

Pendaftar yang Sudah Lulus dan Daftar Ulang di Jalur SNBT tidak diperkenankan mendaftar di jalur Seleksi Mandiri. “Apabila ditemukan mendaftar di jalur seleksi mandiri maka akan digugurkan dalam seleksi mandiri,” tegas Dwi.

Pendaftaran seleksi mandiri dilakukan di laman http://mandiri.pmb.unram.ac.id. Pendaftar dapat memilih maksimal dua program studi untuk semua program studi yang ditawarkan pada jenjang S1 (Sarjana) dan D3 (Diploma) dan diperkenankan memilih program studi lintas minat.

Kelompok pendaftar jalur mandiri terbagi dalam empat jalur, yaitu jalur miskin berprestasi (paling banyak 10 persen); Jalur Reguler (paling banyak 80 persen); Jalur Kemitraan Berprestasi (paling sedikit 10 persen); dan kelas internasional. (ron)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -


Most Popular

Recent Comments