spot_img
Sabtu, Juli 20, 2024
spot_img
BerandaNTBSegera, Pengurus BPPD NTB Dilantik

Segera, Pengurus BPPD NTB Dilantik

Mataram (Suara NTB) – Pelantikan sembilan pengurus terpilih Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Provinsi NTB segera dijadwalkan. Usulan pelantikan pengurus BPPD NTB ini sudah masuk ke Penjabat (Pj) Gubernur NTB yang saat itu dijabat Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M.Si.

Namun, karena ada pergantian Pj Gubernur dari H. Lalu Gita Ariadi pada Hassanudin, pelantikan pengurus belum bisa dilakukan. “Usulan sudah masuk ke meja Pj Gubernur. Namun, waktu itu ada pergantian Pj Gubernur ditunda sampai menunggu keluangan waktu Bapak Pj Gubernur,” ungkap Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi NTB Jamaluddin, S.Sos., M.T., kemarin.

Jamaluddin menegaskan nama-nama pengurus BPPD NTB yang akan dilantik sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan pemerintah pusat. Termasuk keterwakilan dari semua perwakilan asosiasi hingga media. Menurutnya, anggota BPPD yang akan dilantik ini sudah sepakat tidak menerima gaji selama mereka menjadi pengurus. Artinya, dana hibah yang diberikan pemerintah daerah kepada BPPD NTB dipergunakan sepenuhnya untuk promosi pariwisata.

Mantan Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Provinsi NTB ini menyebut, pelantikan pengurus BPPD ini mendesak dilakukan, karena banyak agenda dan event kegiatan internasional yang digelar di NTB.

Seperti sekarang ini, event Motocross Grand Prix (MXGP), ARRC, MotoGP, paralayang dan beberapa event internasional lainnya yang membutuhkan promosi untuk mendatangkan wisatawan ke daerah ini. Dalam mendatangkan wisatawan, Jamaluddin menegaskan pihaknya tidak peduli apakah wisatawan Nusantara atau mancanegara.

Menurutnya, yang paling penting dari wisatawan itu adalah berbelanja dan tidak hanya lihat -lihat. “Yang penting wisatawan itu rojali – rombongan jadi beli. Jangan hanya rohali – rombongan hanya lihat-lihat,” terangnya.

Diakuinya, wisatawan mancanegara dominan berkunjung pada event MotoGP dibandingkan event lainnya. Beda halnya saat event seperti MXGP atau World Superbike, banyak wisatawan mancanegara didominasi pembalap dan kru. Namun, yang paling penting adalah, wisatawan yang datang lebih banyak berbelanja di artshop atau rumah makan yang ada di daerah ini.

Adapun nama-nama pengurus BPPD NTB yang segera dilantik, Ni Ketut Wolini, Ketua PHRI NTB, Dewantoro Umbu Joka, Ketua ASITA NTB, Sahlan M. Saleh, Ketua ASTINDO NTB,  Badrun, Ketua ASPPI NTB, Abdus Syukur, PWI NTB, Lalu Fatwir Uzali, Ketua HPI NTB, Ali Muhtasom, Direktur Poltekpar Lombok, Mohammad Mustamar Natsir, Pakar Sosial Media dan

Valentry Akila dari Garuda Indonesia Branch Manager Mataram. (ham)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -


Most Popular

Recent Comments