spot_img
Minggu, Juli 21, 2024
spot_img
BerandaEKONOMISempat Naik, Kini Harga Tomat Anjlok

Sempat Naik, Kini Harga Tomat Anjlok

Mataram (Suara NTB) – Harga komoditas tomat yang sempat melejit beberapa waktu lalu, kini mengalami penurunan harga. Pun Sejumlah bahan pokok lainnya  mengalami penurunan.

Salah satu pedagang di Pasar Dasan Agung, Kota Mataram mengakui, harga tomat saat ini turun drastis. Perkilo gramnya seharga Rp5 ribu. “Sebelum turun harga waktu itu, pas waktu mahal sekali harganya sampai Rp40 ribu perkilogram. Turun ke Rp25 ribu, terus Rp20 ribu, langsung ke Rp10 ribu. Terakhir sekarang menjadi Rp5 ribu,” ungkapnya.

Ia menyebutkan, salah satu faktor penurunan harga disebabkan oleh banyaknya petani yang menanam pada saat harganya mengalami kenaikan. Sehingga waktu panennya bersamaan dan harganya menjadi murah. “Kemarin sempat mereka gencar untuk tanam, akhirnya banyak yang panen. Saya lihat di Tv juga banyak yang dibuang-buang karena harganya anjlok,” katanya.

Beberapa komoditas lainnnya juga turun harga, seperti bawang merah kisaran Rp.20 ribu perkilo gram, sebelumnya Rp35 ribu sampai Rp40 ribu perkilo. Pun bawang putih menempati harga Rp35 ribu Perkilo gram.

Sementara itu, cabai rawit merah mengalami kenaikan harga, perkilo Rp55 ribu. “Kemarin sempat harganya Rp25 ribu perkilo, naik ke Rp38 ribu, naik ke Rp40 ribu. Sekarang harganya sudah Rp55 ribu, kalau di Pasar induk kita beli seharga Rp50 ribu,” jelas Hariani pada Suara NTB, Senin, 8 Juli 2024. (ulf)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -


Most Popular

Recent Comments