spot_img
Kamis, Juli 25, 2024
spot_img
BerandaNTBLOMBOK BARATSiap Dikunjungi Tamu Kapal Pesiar, Wisata Hutan Mangrove di Lembar Selatan jadi...

Siap Dikunjungi Tamu Kapal Pesiar, Wisata Hutan Mangrove di Lembar Selatan jadi Daya Tarik

Desa Lembar Selatan, Kecamatan Lembar, Lombok Barat (Lobar) merupakan salah satu ikon wisata di kawasan selatan Lobar  yang terkenal dengan potensi hutan mangrove (bakau)nya. Lokasi wisata ini dekat dengan pelabuhan kapal pesiar, menjadikannya sangat potensial untuk dikunjungi tamu kapal pesiar.

Menjajaki potensi kawasan ini bisa dikunjungi tamu kapal pesiar, Sekretaris Dinas Pariwisata (Dispar) Lombok Barat (Lobar) Lalu Tajuddin dan jajaran bersama Direktur Lombok Paradise Heri Nurcahyono selaku Tour Operator Kapal Pesiar Pelabuhan Gili Mas pun melakukan kunjungan ke Desa Wisata tersebut, Jumat (5/7/2024). Kegiatan ini menjadi tindak lanjut program Dispar Lobar mempersiapkan desa wisata di Lobar sebagai tujuan tamu kapal pesiar.

Didampingi Kepala Desa Lembar Selatan M. Saleh dan jajaran, rombongan menikmati potensi wisata Mangrove Cruise dengan menggunakan perahu nelayan yang didesain khusus, rombongan menikmati keindahan hutan mangrove seluas 70 hektar.

“Kita barusan inspection di Desa Wisata Lembar Selatan. Objeknya keren banget, Pak Kadesnya keren sekali menyiapkan destinasi wisata baru yaitu Tour Mangrove. Kita naik kapal tradisional terus keliling nikmati pohon bakau dan keindahan biota-biota di pohon bakau tersebut, kayak kepiting, udang dan ikan-ikan. Lalu kita diajak soft-trekking kurang lebih 30 menit di dalam hutan bakau tersebut,” kata Heri.

“Jadi Lembar Selatan itu punya potensi yang luar biasa, wajib dikunjungi buat wisatawan domestik atau internasional. Tinggal bagaimana kita mengemasnya jadi lebih keren lagi,” sambungnya.

Sementara itu, Kepala Desa Lembar Selatan M. Saleh mengapresiasi kunjungan tim Lombok Paradise dan Dispar Lobar. Ia mengaku optimis potensi desanya mampu menjadi pilihan untuk dikunjungi wisatawan, terlebih kegiatan ini mendapat dukungan dari warganya.

“Tadi tanggapan masyarakat kami sangat mendukung dan mereka sangat berharap bisa memberikan perekonomian bagi masyarakat kami. Apa yang kami lakukan ini menjadi harapan masyarakat kami khususnya di Desa Lembar Selatan ini, dan mudah-mudahan ke depannya Desa Lembar Selatan bisa menjadi destinasi utama dari tamu kapal pesiar yang akan datang,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Sekretaris Dispar Lobar Lalu Tajuddin berharap potensi di Lembar Selatan mampu menjadi pilihan untuk dikunjungi wisatawan khususnya tamu kapal pesiar. Menurutnya, di samping potensi desa, komitmen dari pemerintah desa dan masyarakatnya menjadi kunci utama dalam mengembangkan desa wisata.

“Seperti yang kita tahu Lembar Selatan kemarin sudah dapat juara di Anugerah Desa Wisata untuk kategori digital. Ditambah dengan komitmen kepala desa di sana, beliau sangat bersemangat dalam pengembangan desa wisata. Harapannya Desa Wisata Lembar Selatan ini bisa menjadi salah satu destinasi andalan kita, karena memang lokasinya relatif dekat dengan Pelabuhan Gili Mas,” harapnya.(Her)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -


Most Popular

Recent Comments