spot_img
Minggu, Juli 14, 2024
spot_img
BerandaNTBSUMBAWA BARATGolkar Gelar Tiga Survei untuk Pilkada KSB

Golkar Gelar Tiga Survei untuk Pilkada KSB

Taliwang (Suara NTB) – Dalam mematangkan dukungannya terhadap bakal pasangan calon yang akan diusung di Pilkada Kabupaten Sumbawa Barat 2024, Partai Golkar KSB benar-benar mengandalkan hasil survei. Terbukti partai berlambang pohon beringin ini mengagendakan sebanyak 3 kali survei sebelum memastikan arah dukungannya terhadap salah satu bakal calon.

“Survei internal kami gelar sebanyak 3 kali bekerja sama dengan salah satu lembaga survei nasional,” ungkap sekretaris DPD II Partai Golkar KSB, H. M. Thamzil, Senin, 8 Juli 2024.

Dari tiga kali survei yang diagendakan, dua tahap telah dilangsungkan. Tahap pertama digelar pada bulan Mei 2024 dengan konsep survei figur bakal calon bupati, kemudian survei kedua di bulan Juni dengan konsep survei berpasangan. Sementara survei tahap ketiga akan digelar pada bulan Juli ini tetap dengan survei berpasangan yang hasilnya akan menjadi acuan final arah dukungan Partai Golkar pada Pilkada KSB, 27 November mendatang.

Pada survei figur bakal calon bupati atau survei pertama, survei dilakukan dengan dua metode yakni pertanyaan terbuka dan tertutup. Pada metode pertanyaan tertutup, belasan nama dari kalangan politisi, tokoh masyarakat dan agama hingga ASN sebagai pilihan masyarakat. Sementara pada pertanyaan tertutup dibuat simulasi 10 nama, 7, 5, hingga 3 nama bakal calon bupati.

Dari survei pertama itu, disebutkan H. Thamzil baik pada pernyataan tertutup maupun terbuka hasilnya tetap sama. Di mana nama H. Amar Nurmansyah tetap memuncaki survei sebagai bakal calon bupati yang paling banyak dipilih masyarakat KSB. “Di simulasi tertutup mulai dari 10 nama sampai 3 nama, nama Pak Haji Amar selalu yang tertinggi surveinya. Makanya kemudian kami (Golkar) memberikan rekomendasi ke beliau,” cetusnya.

Selanjutnya ia menyampaikan, gelaran survei tahap dua saat ini telah selesai. Dengan menggunakan lembaga survei yang sama, H. Thamzil menyebut, hasil survei yang digelar di bulan Juni lalu itu sudah dalam konsep survei berpasangan di mana ada 3 bakal pasangan calon yang masuk dalam radar. Pasangan itu diantaranya, H. Amar Nurmansyah-Hj. Hanifah Musyafirin (Amar-Hanifah), bakal pasangan calon Fud Syaifuddin-Aheruddin (Fud-Aher) dan terakhir pasangan H. M. Nur Yasin-H. Sumardhan (Nur-Ramdhan). “Sekarang kan mengerucut pada tiga pasangan itu kan. Maka merekalah yang masuk survei,” katanya seraya menambahkan dalam waktu dekat hasil survei kedua tersebut akan dirilis. “Sedang analisa data mungkin (lembaga surveinya). Jadi kita tunggu saja hasilnya,” sambungnya.

Untuk survei tahap ketiga, H. Thamzil menyebut akan digelar di bulan Juli ini. Calon anggota DPRD KSB terpilih ini menyebut, hasil survei ketiga ini akan diumumkan pada bulan Agustus mendatang sebelum pendaftaran bakal pasangan calon ke KPU. “Mungkin surveinya sedang jalan ya. Saya belum dapat informasi. Tapi hasilnya akan diumumkan bersamaan dengan arah dukungan partai kami di Pilkada KSB,” imbuhnya. (bug)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -



Most Popular

Recent Comments