spot_img
Kamis, Juli 25, 2024
spot_img
BerandaPENDIDIKANSMKN 3 Mataram Lepas 296 Siswa untuk Program PKL

SMKN 3 Mataram Lepas 296 Siswa untuk Program PKL

Mataram (Suara NTB) – Kepala SMKN 3 Mataram melepas secara resmi sebanyak 296 siswa Kelas XII untuk menjalankan program Praktik Kerja Lapangan (PKL) pada Senin, 8 Juli 2024. Pelepasan PKL dilaksanakan di lapangan upacara dengan dihadiri oleh wakil kepala sekolah, kepala program keahlian, wali kelas, dan pembimbing.

Kepala SMKN 3 Mataram, Sulman Haris menjelaskan, praktik kerja lapanga dilaksanakan mulai 8 Juli 2024 hingga 23 November 2024 dengan jumlah 117 hari efektif. Sasaran dunia usaha dan dunia industri (DUDI) penerima peserta didik berjumlah 76 DUDI yang tersebar di Pulau Lombok.

Di dalam sambutannya, Sulman Haris memberikan nasihat kepada seluruh peserta PKL. “Kalian agar menjaga etika kerja, sikap pergaulan, dan perilaku kehadiran selama di dunia kerja,” ujarnya.

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 50 Tahun 2020, PKL merupakan pembelajaran bagi peserta didik SMK/MAK, SMALB, dan LKP yang dilaksanakan melalui praktik kerja di dunia kerja dalam jangka waktu tertentu sesuai dengan kurikulum dan kebutuhan dunia kerja.

PKL merupakan metode pembelajaran yang ditujukan terutama untuk mengajarkan proses-proses yang para ahli terapkan dalam menangani tugas-tugas yang kompleks di dunia kerja. Metode pembelajaran ini merupakan cara belajar melalui pengalaman untuk memperoleh sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang terjadi di dunia kerja yang relevan dengan kompetensi yang dipilih oleh peserta didik.

Ketua Pelaksana PKL, Abdul Kadir menjelaskan mengenai kriteria kelulusan dan keberhasilan pelaksanaan PKL kepada seluruh siswa yang hadir. “Siswa agar mencermati kriteria tersebut agar PKL berjalan dengan lancar,” ujarnya.

Setelah pelepasan secara resmi, kepala sekolah memberikan daftar hadir dan jurnal PKL secara simbolis kepada dua siswa. Kemudian, siswa bersama dengan pembimbingnya berangkat menuju DUDI tempat PKL masing-masing. (ron)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -


Most Popular

Recent Comments