spot_img
Jumat, Oktober 18, 2024
spot_img
BerandaPENDIDIKANKontes Inovasi 2024, Mahasiswa dan Dosen Didorong Ciptakan Solusi Ekonomi Berkelanjutan

Kontes Inovasi 2024, Mahasiswa dan Dosen Didorong Ciptakan Solusi Ekonomi Berkelanjutan

Mataram (Suara NTB) – Universitas Mataram (Unram) melalui Pusat Pengelola Inkubator Bisnis dan Inovasi (Kubinov) Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) resmi menggelar Kontes Inovasi 2024 dengan mengangkat tema “Produk Kreatif dan Inovatif Berbasis Riset Menuju Ekonomi Berkelanjutan” berlangsung di Ruang Sidang Utama LPPM Unram pada Senin, 15 Oktober 2024 dan Rabu, 16 Oktober 2024. Kegiatan itu bertujuan mendorong kreativitas dan inovasi di kalangan mahasiswa dan dosen.

Dalam kegiatan ini hadir Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unram, Dr. Sujita, S.T., M.T.; Kepala LPPM Unram, Prof. Dr. Ir. Sukartono, M.Agr didampingi oleh Sekretaris LPPM Unram, Prof. Dr. Ir. I Gusti Putu Muliarta Aryana, MP.; Dr. Didy Ika Supryadi, SE., MM. selaku Kepala Pusat Kubinov LPPM Unram dan Abdurrahman, SE., MM. selaku Ketua Panitia Kontes Inovasi 2024.

Ketua Panitia Kontes Inovasi 2024, Abdurrahman, SE., MM., dalam laporannya menyampaikan bahwa kontes inovasi tahun ini berlangsung selama dua hari, diikuti oleh 34 peserta yang terdiri dari 27 mahasiswa dan 7 dosen. “Kami berharap ini dapat menjadi langkah awal untuk mempublikasikan hasil karya dosen dan mahasiswa, baik melalui penelitian maupun pengabdian masyarakat yang bermanfaat bagi institusi dan masyarakat,” ungkapnya.

Dengan peserta yang terdiri dari mahasiswa dan dosen, kontes ini membuka ruang bagi setiap individu untuk mengekspresikan ide-ide segar yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Berbagai inovasi yang dihadirkan mencakup bidang teknologi, kesehatan, lingkungan, dan sosial yang menunjukkan keberagaman pemikiran dan pendekatan yang dapat memberikan solusi terhadap berbagai permasalahan yang ada.

Kepala LPPM Unram, Prof. Dr. Ir. Sukartono, M.Agr. menyampaikan, kontes ini merupakan kesempatan bagi para inovator untuk menunjukkan potensi mereka, serta mendapatkan dukungan dalam mengembangkan ide-ide menjadi produk nyata. Pihaknya berharap dapat menciptakan sinergi antara akademisi dan masyarakat serta instansi pemerintah.

“Melalui kontes ini, Unram tidak hanya meningkatkan kreativitas dan kolaborasi di kalangan civitas akademika, tetapi juga berkontribusi pada peningkatan Indikator Kinerja Utama (IKU) yang sejalan dengan visi universitas untuk menjadi institusi unggul dan berdaya saing global. Inovasi yang dihasilkan diharapkan dapat memberikan solusi nyata bagi permasalahan masyarakat, sekaligus memperkuat posisi universitas di kancah nasional dan internasional,” ujar Prof. Sukartono.

Kontes ini turut mendorong kolaborasi dan pertukaran ide yang konstruktif. Setiap inovasi yang dihasilkan diharapkan dapat memberikan solusi terhadap tantangan yang dihadapi masyarakat, sekaligus meningkatkan relevansi penelitian dan pengabdian yang dilakukan oleh civitas akademika.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unram, Dr. Sujita, S.T., M.T. saat membuka acara menegaskan, kontes ini diharapkan dapat mendorong semangat inovasi yang berkelanjutan di kalangan mahasiswa dan dosen, serta menciptakan sinergi antara dunia akademik, industri, dan pemerintah.

“Dengan dukungan dari berbagai pihak, inovasi yang dihasilkan tidak hanya akan berkontribusi pada peningkatan kualitas pendidikan, tetapi juga pada pengembangan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya.

Dengan semangat untuk menciptakan inovasi yang bermanfaat, Unram berharap Kontes Inovasi 2024 dapat menjadi platform bagi generasi muda untuk berkarya dan berkontribusi bagi masyarakat. (ron)

IKLAN

spot_img
spot_img
RELATED ARTICLES
- Advertisment -


VIDEO