spot_img
Kamis, Oktober 17, 2024
spot_img
BerandaNTBSUMBAWASumbawa Persiapkan Empat Sekolah untuk Ikuti Adiwiyata Nasional

Sumbawa Persiapkan Empat Sekolah untuk Ikuti Adiwiyata Nasional

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sumbawa, menyiapkan sekitar empat sekolah untuk mengikuti kegiatan sekolah Adiwiyata Nasional tahun 2025 bahkan sekolah tersebut juga telah ditetapkan melalui SK Gubernur.

“Di surat surat keputusan Gubernur NTB tahun 2023 telah ditetapkan sekolah Adiwiyata provinsi NTB tahun 2023 dan saat ini terus kita siapkan untuk mengikuti Adiwiyata tingkat Nasional,” kata Kadis LH Sumbawa, Ir. Syafruddin Nur kepada Suara NTB, Senin, 14 Oktober 2024.

Syafruddin melanjutkan, keempat sekolah tersebut yakni, SMAN 3 Sumbawa merupakan sekolah Adiwiyata Provinsi NTB tahun 2019 dan tahun 2023. Kemudian tiga sekolah tambahan yakni, SMPN 1 Empang, SMPN 1 Sumbawa, dan SMPN 3 Sumbawa.

“Sebagai Sekolah Adiwiyata, maka kami (Pemkab Sumbawa) bersama Provinsi akan melakukan pembinaan untuk mengikuti sekolah Adiwiyata Nasional di tahun depan,” jelasnya.

Ditahap persiapan ini jelasnya, sekolah harus melengkapi dokumentasi kegiatan perilaku ramah lingkungan mncakup 6 aspek. Penghijauan, pengelolaan sampah, kebersihan, sanitasi, konservasi energi, konservasi air dan inovasi.

“Nilai kuisioner untuk Adiwiyata Nasional minimal 90. Ada kuisioner excel diisi yang diimplementasi pada penerapan perilaku ramah lingkungan,” ujarnya.

Ia menambahkan, sekolah Adiwiyata adalah penghargaan yang diberikan kepada sekolah yang berhasil melaksanakan gerakan peduli dan berbudaya lingkungan hidup. Ada empat tingkatan penghargaan Adiwiyata yaitu, Adiwiyata Kabupaten/Kota, Adiwiyata Provinsi,  Adiwiyata Nasional, dan Adiwiyata Mandiri.

“Yang kita siapkan ini adalah sekolah Adiwiyata Nasional di tahun 2025, harapannya apa yang menjadi target bisa terealisasi,” tukasnya. (ils)

IKLAN

spot_img
spot_img
RELATED ARTICLES
- Advertisment -


VIDEO