spot_img
Minggu, Juli 14, 2024
spot_img
BerandaBlogPGP Bergerak Melalui LMS PMM

PGP Bergerak Melalui LMS PMM

Oleh : Sahra, M.Pd (Pengawas SMP)

Dunia Pendidikan merupakan dunia yang dinamis, konsep pendidikan di suatu daerah senantiasa berkembang baik dari segi konsep yang diterapkannya maupun dari segi materi yang disampaikannya.

Berbicara tentang Pendidikan, tentunya sekarang ini sejak tahun 2020 tidak terlepas dari program merdeka belajar dan merdeka mengajar serta program guru penggerak yang sudah menuju Angkatan 11. Pendidikan dapat dikatakan berhasil jika sudah memiliki tujuan-tujuan yang jelas dengan Tindakan program guru penggerak yang jelas sudah diberikan ruang melalui PMM, ibarat outbound training yaitu mendidik guru menjadi tenaga yang siap pakai dalam menuju kurikulum Merdeka ini. Siap pakai disini dimaksudkan guru yang siap pakai secara keterampilan teori dan secara praktek. Lalu siap pakai secara mental yang mampu mengenal diri sendiri, mengenal lingkungan, membangun impian, dan mampu bersosialisasi.

Siap pakai secara keterampilan ini akan membangun kapasitas guru dari banyak berliterasi (konsep) kemudian melakukan aksi (praktek) dalam kelasnya, komunitasnya serta lingkungan sosialnya. Kemudian ketika siap pakai dalam mental, guru akan mengetahui kemampuan dan kelemahan dirinya dan mampu mengatasi kelemahan dengan berkolaborasi bersama rekan sejawat, mau belajar dan menemukan kekuatan yang akan mampu menjadi daya lenting diri sendiri, terutama dalam proses pembelajaran kepada siswanya.ketika mental kuat, guru akan pandai beradaptasi terhadap lingkungan yang dihadapi termasuk kebijakan atau peraturan baru terkait Dunia pendidikan, yang secara otomatis akan mampu membangun impian kelak akan seperti apa anak-anak yang dididiknya, dan otomatis pula akan menemukan cara berkomunikasi yang humanis, membangun dalam interaksinya bersosialisasi baik dengan siswanya, rekan sejawat, dan masyarakat.

Apa yang saya tuliskan ini, sebagian banyak dari refleksi pengalaman mengikuti pembekalan saat menjadi pengajar praktik, fasilitator guru penggerak serta instruktur pengajar praktik. Dimana setiap materi dan tugas dari program guru penggerak ini sepertinya melatih kita untuk berkembang sesuai kondisi zaman yang kita hadapi. Langkah pembelajarannya dikatakan MERDEKA, yang jika kita jabarkan akronim merdeka itu adalah Mulai Dari Diri, Eksplorasi Konsep, Ruang Kolaborasi, Demonstrasi Kontekstual, Elaborasi Pemahaman, Koneksi Antar Materi dan Aksi Nyata. Jadi bisa direfleksikan bahwa sebuah perubahan itu harus dimuali dari diri.

PGP angkatan 10 ini belajar mandiri melalui LMS yang sekarang sudah dihubungkan melalui PMM. Ada beberapa BGP di daerah Indonesia yang sudah melaksanakannya ada juga yang masih melalui SIM PKB, dan Insyaalloh PGP angkatan 11 nanti semua kegiatan calon guru penggerak akan tertaut melalui LMS PMM, saat ini LMS PMM tidak bisa diakses melalui aplikasi PMM, namun bisa diakses melalui browaer/peramban di HP atau Laptop. Tidak semua pengguna PMM dapat mengakses LMS karena ada ketentuannya yaitu terdaftar sebagai peserta pelatihan atau pendidikan program guru penggerak yang sedang berjalan menggunakan LMS PMM serta memiliki akun belajar.id. pastikan akun belajar.id yang digunakan merupakan akun belajar.id yang sama dengan akun yang terdaftar pada program yang diikuti).
Demikian, semoga bermanfaat dan terima kasih.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -



Most Popular

Recent Comments