spot_img
Kamis, Juli 25, 2024
spot_img
BerandaNTBSUMBAWAPertumbuhan Penumpang di Bandara Sumbawa Tembus 160 Persen

Pertumbuhan Penumpang di Bandara Sumbawa Tembus 160 Persen

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Otoritas bandara Sultan Muhammad Kaharuddin, mengklaim tingkat pertumbuhan penumpang di Sumbawa mencapai 160 persen baik yang tiba maupun yang berangkat.

“Animo masyarakat kita cukup tinggi, apalagi adanya rute penerbangan baru Denpasar-Sumbawa menjadikan tingkat pertumbuhan penumpang mencapai 160 persen,” ucap Kepala Bandara Sultan Muhammad Kaharuddin Sumbawa, Tri Pono Basuki Wijianto, kepada Suara NTB, Selasa, 2 Juli 2024.

Pertumbuhan tersebut juga diprediksi akan terus terjadi, sebab rute baru tersebut akan rutin melakukan penerbangan setiap harinya. Mengingat saat ini bandara Sumbawa melayani dua rute penerbangan yakni Sumbawa- Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM) dan Denpasar-Sumbawa.

“Kita sekarang memiliki dua rute penerbangan, sehingga kita memprediksi pertumbuhan penumpang tetap akan terus terjadi,” ucapnya.

Seraya menambahkan, pihaknya juga tengah mencoba untuk melakukan komunikasi lebih lanjut dengan maskapai lainnya agar bisa kembali menambah rute penerbangan. Salah satunya Sumbawa-Labuhan Bajo, sehingga akan berdampak pada pertumbuhan sektor wisata di Sumbawa.

“Semoga terus tumbuh demandnya (permintaan), sehingga maskapai bisa menambah rute ke destinasi lainnya,” tambahnya.

Kondisi itu tentu berdampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi daerah salah satunya dari jasa transportasi. Hal ini terjadi, karena para penumpang pesawat yang tiba di Sumbawa pasti membutuhkan akomodasi ke beberapa destinasi wisata yang akan dikunjungi.

“Banyak keuntungan yang kita dapatkan, sehingga perputaran ekonomi di masyarakat akan lebih menggeliat,” timpalnya.

Dia pun berharap semoga penambahan rute baru bisa berjalan  lancar dan bisa bertahan lama. Sehingga mampu meningkatkan kunjungan wisatawan dari sektor wisata dan meningkatkan investasi di Sumbawa.

“Penambahan rute baru ini diharapkan mampu mendongkrak perekonomian sehingga akses transportasi masyarakat bisa lebih cepat ke daerah tujuan,” tukasnya. (ils)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -


Most Popular

Recent Comments