spot_img
Kamis, Juli 25, 2024
spot_img
BerandaPENDIDIKANUnram Lepas Tim Mandalika Desantara untuk Kompetisi Shell Eco Marathon Asia Pacific...

Unram Lepas Tim Mandalika Desantara untuk Kompetisi Shell Eco Marathon Asia Pacific and The Middle East 2024

Mataram (Suara NTB) – Universitas Mataram (Unram) secara resmi melepas tim mahasiswa untuk berpartisipasi dalam ajang bergengsi Shell Eco Marathon Asia Pacific and The Middle East 2024. Acara pelepasan yang berlangsung di halaman Rektorat Unram dipimpin langsung oleh Rektor Unram, Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo, M.Agr.St., Ph.D., pada hari Selasa, 2 Juli 2024.

Kompetisi Shell Eco Marathon Asia Pacific and The Middle East 2024 akan diadakan dari tanggal 2 hingga 6 Juli di Pertamina Mandalika International Circuit. Dalam kompetisi ini, tim mahasiswa dari Unram yang dikenal sebagai “Mandalika Desantara” akan berkompetisi merancang dan membangun mobil listrik atau Electric Vehicle (EV).

Tim Mandalika Desantara terdiri dari 15 mahasiswa dari Program Studi Teknik Mesin dan Teknik Elektro, Fakultas Teknik Unram. Tim ini dipimpin oleh Fransiskus Yusdwi Benoit Toding, seorang mahasiswa Prodi Teknik Mesin yang juga berperan sebagai manajer tim.

Dalam wawancaranya, Fransiskus menceritakan pengalaman tim dalam proses pembuatan kendaraan tersebut. “Jadi dalam proses pembuatan kendaraan ini, kami sebagai tim yang menjadi satu yaitu tim Mandalika Desantara, banyak menggunakan pikiran dan keahlian kita dari masing-masing prodi. Kami ini terbagi dari dua prodi yaitu Prodi Teknik Mesin dan Prodi Teknik Elektro. Kami di sini sangat berjuang untuk membuat kendaraan ini, namun kami juga mengalami kesulitan dalam pembuatan sistem penggerak karena kami menggunakan kendaraan EV atau Electric Vehicle,” ungkapnya.

Fransiskus juga menambahkan, timya sempat kewalahan, tetapi dengan adanya dukungan dari pihak Rektorat, dosen dari prodi dan fakultas, tim bisa mencapai itu semua. “Yang membuat kami bersemangat untuk ikut ajang ini adalah karena kami sangat tertarik dengan kendaraan yang bisa dikategorikan kendaraan hemat energi dan ramah lingkungan. Di mana Shell Eco itu akan membuat kendaraan yang ingin mencari kehematan energi kendaraan,” ujarnya.

Di akhir wawancaranya, Fransiskus menyampaikan harapannya untuk masa depan. “Untuk ke depannya kami harap semoga kami bisa ikut ajang ini lagi, karena ajang kegiatan ini ada setiap tahunnya terutama di Asia,” ujarnya.

Rektor Unram, Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo, M.Agr.St., Ph.D., dalam sambutannya, mengungkapkan rasa bangganya terhadap tim Mandalika Desantara. “Saya sangat bangga dengan semangat dan dedikasi yang ditunjukkan oleh tim mahasiswa kita. Kompetisi ini bukan hanya kesempatan untuk menunjukkan kemampuan teknik mereka tetapi juga untuk mengangkat nama Unram di kancah internasional. Saya berharap mereka bisa meraih hasil yang terbaik dan membawa pulang kebanggaan untuk kita semua,” ujarnya.

Kompetisi Shell Eco Marathon Asia Pacific and The Middle East 2024 ini menjadi ajang bagi mahasiswa untuk menunjukkan kemampuan mereka dalam merancang kendaraan yang hemat energi dan ramah lingkungan. (ron/*)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -


Most Popular

Recent Comments