spot_img
Minggu, Juli 21, 2024
spot_img
BerandaEKONOMIPLN Sukses Pasok Listrik Tanpa Kedip Saat MXGP 2024 Seri I Lombok

PLN Sukses Pasok Listrik Tanpa Kedip Saat MXGP 2024 Seri I Lombok

Mataram (Suara NTB) – PT PLN (Persero) sukses memasok listrik andal tanpa kedip selama ajang Motocross Grand Prix (MXGP) 2024 di Lapangan Ex Bandara Selaparang, Lombok.

PLN berhasil memastikan seluruh fasilitas dan perangkat pendukung berfungsi dengan optimal sepanjang gelaran balapan berlangsung.

Motocross Commission (CMS) Director of Federation Internationale de Motocyclisme (FIM), Antonio Alia mengapresiasi PLN atas dukungan nyala listrik selama ajang berlangsung.

“Kemarin kami tidak mengalami masalah sama sekali, jadi semuanya sudah beres dan hari ini semuanya berfungsi dengan baik. Terima kasih PLN, terima kasih banyak,” ungkap Antonio.

Senada, Project Director PT Samota Enduro Gemilang Diaz Rahmah Irhani selaku panitia penyelenggara menyampaikan apresiasinya atas kerja nyata PLN dalam memberikan pasokan listrik dalam ajang tersebut.

“Alhamdulillah, race Sabtu Minggu ini berjalan sukses. Tahun ini kami tidak menggunakan genset satu pun karena trust kami kepada PLN, dan PLN membuktikannya. Luar biasa, terima kasih PLN,” kata Diaz.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo mengungkapkan komitmen penuh PLN dalam menyukseskan gelaran tahunan MXGP 2024. Perseroan siap mendukung suplai listrik event bertaraf internasional dengan listrik yang andal dan tanpa kedip.

“PLN telah memiliki standar yang diterapkan yaitu skema zero down time atau tanpa kedip dengan pasokan berlapis untuk mendukung gelaran event skala nasional maupun internasional,” katanya.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah NTB, Sudjarwo mendata, pada main race yang berlangsung Minggu, (30/6/2024), pemakaian tertinggi mencapai 771 kilo volt kVa (kVa) dengan adanya peningkatan 63 kVa dari race hari pertama di hari Sabtu, (29/6/2024).
Peningkatan beban terjadi pada venue sky box mencapai 44,4%, sementara di pitline mengalami peningkatan sebesar 27,19%.

“Berbagai persiapan teknis dan koordinasi intensif telah dilakukan untuk menjamin semua kebutuhan listrik dapat terpenuhi dengan optimal. Sehingga, meskipun ada peningkatan beban, tidak ada kendala yang terjadi dan seluruh rangkaian acara MXGP 2024 berjalan lancar tanpa hambatan berarti,” ungkap Sudjarwo.

Surdjarwo mengatakan, PLN menyiagakan 73 posko siaga untuk memastikan keandalan listrik di 18 titik prioritas dan 69 objek vital selama acara berlangsung. Posko, dia merinci, didukung dengan 61 orang petugas piket, 361 orang petugas pendukung, 486 orang Tenaga Alih Daya (TAD), 7 unit Uninterruptible Power Supply (UPS), 4 unit Unit Gardu Bergerak (UGB), 2 unit Genset, 6 unit Automatic Transfer Switch (ATS), 18 unit Perangkat Hubung Bagi Tegangan Rendah (PHB-TR), 2 unit Crane, 47 unit Kendaraan Roda 4, dan 12 unit Kendaraan Roda 2.

“Terima kasih atas dukungan dari seluruh stakeholder dan pihak-pihak yang mendukung suksesnya acara ini. Keberhasilan pada seri pertama ini akan menjadi motivasi bagi PLN untuk terus menjaga dan meningkatkan kualitas layanan pada seri berikutnya pada 6-7 Juli 2024,” ujarnya.

Pada seri pertama kelas MXGP 2024, pembalap dari Red Bull GASGAS Factory Racing, Jorge Prado, berhasil meraih kemenangan setelah menuntaskan perlawanan sengit dari Jeffrey Herlings dari Tim Red Bull KTM Factory Racing. Sementara itu, di kelas MX2, pembalap asal Belanda, Kay De Wolf, menjadi yang tercepat, menunjukkan keunggulannya di lintasan yang menantang.(bul)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -


Most Popular

Recent Comments