spot_img
Minggu, Juli 21, 2024
spot_img
BerandaPENDIDIKANUnram Lepas 1.313 Mahasiswa Ke 131 Desa di NTB, Tekankan Konsep Ekonomi...

Unram Lepas 1.313 Mahasiswa Ke 131 Desa di NTB, Tekankan Konsep Ekonomi Kreatif, Ekonomi Biru, Ekonomi Hijau dan Kesehatan Mandiri

Mataram (Suara NTB) –  Dalam rangka pelaksanaan Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) 2024 periode Juli-Agustus Universitas Mataram (Unram) melepas 1.313 mahasiswa ke 131 desa di NTB pada Selasa, 2 Juli 2024. Pelepasan tersebut berlangsung di Lapangan Rektorat Unram.

KKN periode genap 2024 ini bertema “Menggali Potensi Desa Melalui KKN Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) untuk Membangkitkan Ekonomi Kreatif, Ekonomi Biru, Ekonomi Hijau dan Kesehatan Mandiri” dan berlangsung selama 45 hari.

Berdasarkan distribusi kabupaten, pendistribusian mahasiswa KKN periode genap 2024 meliputi Kabupaten Lombok Barat dengan sebanyak 244 mahasiswa di 24 desa, Lombok Utara 201 mahasiswa di 20 desa, Lombok Timur 452 mahasiswa di 45 desa, Lombok Tengah 289 Mahasiswa di 29 desa, Sumbawa Barat 55 mahasiswa di 5 desa, dan Kota Bima 77 mahasiswa di 8 kelurahan.

Adapun fokus kegiatan pada kegiatan KKN PMD ini yakni Desa Digital, Desa Sehat Mandiri, Desa Wisata, Zero Waste, Desa Preneur, Pertanian Maju dan Berkelanjutan, Kemandirian Kesehatan, Desa Tangguh Bencana, Pendidikan, Hukum, Sosiologi, Sosial dan Humaniora.

Ketua LPPM, Prof. Dr. Ir Sukartono, M.Agr. melaporkan bahwa KKN Periode genap 2024 bekerja sama dengan beberapa mitra yakni Bank Indonesia, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Universitas Gajah Mada (UGM), Universitas Pendidikan Mandalika (Undikma), Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM), Universitas Nadhatul Ulama (UNU), Pemerintah Daerah Kabupaten Sumbawa Barat (Pemda KSB), Universitas Cordova (Undova), dan Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Bima.

“Pelaksanaan KKN periode genap 2024 kita bekerja sama dengan berbagai mitra yang pertama, Kantor Perwakilan Bank Indonesia dengan fokus kegiatan sinergi penguatan desa wisata di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika akan dilakukan di sepuluh desa serta Desa Pengebur untuk pengembangan pertanian berkelanjutan. Kedua, BKKBN dengan mengangkat tema kegiatan desa sehat mandiri untuk menekan angka stunting di sepuluh desa di Pulau Lombok dan Sumbawa. Selanjutnya, kolaborasi dengan UGM, Undikma, AMM, UNU, untuk pengembangan desa wisata berkelanjutan. Berikutnya Unram masih berkolaborasi dengan Pemda KSB, Undova, dan Pemda Kota Bima untuk tema Ekonomi Hijau dan Ekonomi biru,” ungkapnya.

Di sisi lain, Rektor Unram Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo, M.Agr.St., Ph.D. dalam sambutannya sekaligus melepas mahasiswa KKN berpesan agar mahasiswa dapat memberikan kontribusi yang maksimal selama KKN.

“Kalian harus bisa menggali potensi desa sesuai dengan tema masing-masing serta dapat mengaplikasikan dan mencari solusi bersama dengan masyarakat. Selain itu, kalian harus dapat memanfaatkan waktu selama 45 hari dengan maksimal. Berikan kontribusi sebaik mungkin untuk masyarakat agar target dan tujuan kalian tercapai,” ujarnya.

Pelepasan mahasiswa KKN periode Juli-Agustus 2024 ini secara simbolis dilakukan dengan pelepasan burung merpati oleh Rektor Unram, Kepala LPPM, beserta jajaran pimpinan dan dosen Unram. (ron/*)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -


Most Popular

Recent Comments