spot_img
Minggu, Juli 21, 2024
spot_img
BerandaHEADLINERute Lombok-Balikpapan Dibuka, Akses Menuju ke IKN Kian Mudah

Rute Lombok-Balikpapan Dibuka, Akses Menuju ke IKN Kian Mudah

Praya (Suara NTB) – Rute penerbangan domestik di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM) resmi bertambah. Dengan dibukanya penerbangan langsung Lombok-Balikpapan Kalimantan Timur, mulai Rabu, 3 Juli 2024. Pembukaan rute baru tersebut diharapkan bisa memudahkan akses masyarakat dari Pulau Lombok menuju Pulau Kalimantan.

Rute ini sendiri dilayani maskapai Lion Air dengan penerbangan dijadwalkan sebanyak tiga kali seminggu. Yakni setiap hari Rabu, Jumat serta Minggu. Untuk melayani rute tersebut pihak Lion Air menggunakan pesawat jenis Boeing 737-900ER dengan kapasitas penumpang hingga 215 kursi.

Penjabat Gubernur NTB Mayjen (Purn) Hassanudin, berkesempatan menyambut penumpang perdana rute penerbangan Lombok-Balikpapan di terminal kedatangan BIZAM. General Manager PT. Angkasa Pura I Lombok International Airport (LIA) Barata Singgih Riwahono, turut mendampingi. Bersama sejumlah pejabat Pemprov NTB lainnya.

“Kami menyambut baik dan positif dengan hadirnya rute penerbangan baru ini. Hal ini tentunya akan semakin memudahkan pelaku perjalanan, wisatawan, dan pebisnis dari Lombok untuk menuju Balikpapan, Kalimantan Timur serta Ibu Kota Nusantara (IKN) dan sebaliknya,” ujar Barata Singgih.

Stakhelolder Relation Manager PT. AP I LIA Arif Hariyanto menambahkan, penerbangan langsung dari Lombok tujuan Balikpapan, Kalimantan Timur dan sebaliknya tersebut dilayani oleh maskapai Lion Air dengan frekuensi penerbangan tiga kali seminggu setiap hari Rabu, Jumat, dan Minggu. Penerbangan dari BIZAM diberangkatkan pukul 14.50 Wita dan dijadwalkan tiba di Balikpapan pukul 16.30 Wita.

Sedangkan dari Balikpapan, pesawat Lion Air nomor penerbangan JT 733 akan lepas landas pukul 12.30 Wita dan mendarat di Lombok pukul 14.10 Wita. Dalam penerbangan ini penumpang akan memperoleh  fasilitas bagasi kabin gratis  hingga 7 kg serta bagasi hingga 20 kg. “Dengan dibukanya rute Lombok-Balikpapan ini, maka total sejauh ini sudah ada delapan rute domestik yang dilayani di BIZAM,” sebut Arif.

Sebelumnya sudah ada rute Lombok- Jakarta, Surabaya dan Bali. Ditambah rute Lombok-Yogyakarta, Bima, Sumbawa Besar serta Lombok-Makassar. Dengan enam maskapai yakni Garuda Indonesia, Citilink, Lion Air, Batik Air, Super Air Jet, dan Wings Air.

Adapun untuk penerbangan internasional baru tersedia dua rute. Yakni Lombok-Kuala Lumpur dilayani oleh maskapai Indonesia AirAsia dan AirAsia Berhad serta Lombok-Singapura yang dilayani maskapai Scoot. “Dengan semakin bertambahnya rute penerbangan di BIZAM pergerakan masyarakat dari Pulau Lombok ke  berbagai destinasi di Indonesia maupun luar negeri bisa lebih mudah dan cepat lagi,” tandasnya.

Disinggung rencana pembukaan rute baru lainya, Arif mengaku belum bisa memastikan. Karena semua sangat tergantung kesiapan dari pihak maskapai.  Kalau pihak bandara pada prinsipnya sangat siap menyambut pembukaan rute-rute penerbangan lainya. (kir)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -


Most Popular

Recent Comments