spot_img
Minggu, Juli 14, 2024
spot_img
BerandaPENDIDIKANSiswa SMAN 1 Kayangan Lolos sebagai Anggota Paskibraka Tingkat Provinsi NTB

Siswa SMAN 1 Kayangan Lolos sebagai Anggota Paskibraka Tingkat Provinsi NTB

Mataram (Suara NTB) – SMAN 1 Kayangan berbangga dengan prestasi yang diraih oleh salah satu siswanya, Olga Surya. Di bawah bimbingan Pembina Paskibraka, Mustakim, S.Pd., Olga berhasil lolos sebagai anggota Paskibraka Tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk pertama kalinya dalam sejarah sekolah. Dari 21 anggota Paskibraka yang terpilih dari berbagai SMA/SMK/MA/MAK se-NTB, satu di antaranya adalah Olga Surya dari SMAN 1 Kayangan.

Kepala SMAN 1 Kayangan, Moch. Fatkoer Rohman, M.Pd. mengungkapkan rasa bangganya atas prestasi yang diraih Olga. “Ini merupakan suatu kebanggaan yang luar biasa atas torehan prestasi ini. Tidak hanya mengharumkan nama baik sekolah, tapi juga mengharumkan nama daerah Kabupaten Lombok Utara, mengingat dari Lombok Utara sendiri hanya dua orang yang lolos seleksi di tingkat provinsi NTB,” ungkap Moch. Fatkoer.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang berkontribusi, terlebih untuk pembina Paskibra SMAN 1 Kayangan, Mustakim, S.Pd. Moch. Fatkoer menambahkan bahwa Proses seleksi untuk menjadi anggota Paskibraka tingkat provinsi tidaklah mudah. Dimulai dari seleksi di tingkat sekolah yang meliputi tes postur, tes fisik, tes kesehatan, dan tes kesamaptaan.

Setelah terpilih di tingkat sekolah, calon anggota Paskibraka kemudian didaftarkan secara daring atau online untuk diseleksi di tingkat kabupaten dengan tahapan seleksi yang mencakup seleksi administrasi, seleksi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan, seleksi intelegensi umum, seleksi kesehatan (pemeriksaan kesehatan dan tes parade), seleksi Peraturan Baris Berbaris (PBB) dan kesamaptaan, serta seleksi kepribadian (wawancara, penelusuran minat, bakat, dan rekam jejak di media sosial).

Setelah dinyatakan lolos di tingkat kabupaten, peserta terbaik kemudian mengikuti tahapan seleksi di tingkat provinsi dengan proses yang cukup panjang.

“Untuk bisa lolos ke tingkat provinsi perjuangannya tidak mudah. Ada banyak sekali tahapan yang harus dilalui. Pada tahun ini alhamdulillah untuk pertama kalinya siswa SMAN 1 Kayangan berhasil lolos di tingkat Provinsi NTB. Paskibraka yang lolos akan melaksanakan tugas pengibaran bendera pada upacara HUT RI ke-79 di Lapangan Gubernur NTB pada tanggal 17 Agustus 2024 mendatang. Prestasi ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi siswa lainnya untuk terus berprestasi dan membawa nama baik sekolah serta daerah,” pungkas Fatkoer. (ron)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -



Most Popular

Recent Comments