spot_img
Kamis, Juli 25, 2024
spot_img
BerandaPENDIDIKANEuforia Wisuda Unram: 1.227 Wisudawan Siap Hadapi Tantangan Masa Depan

Euforia Wisuda Unram: 1.227 Wisudawan Siap Hadapi Tantangan Masa Depan

Mataram (Suara NTB) – Universitas Mataram (Unram) sukses menyelenggarakan wisuda periode Juli 2024 di Gedung Auditorium M. Yusuf Abu Bakar Unram, pada hari Kamis, 4 Juli 2024. Sebanyak 1.227 mahasiswa resmi diwisuda yang terdiri atas 1 orang Doktor, 65 orang Magister, 1.025 orang Sarjana, 125 orang Diploma, dan 11 orang Profesi.

Dari 1.025 orang sarjana, 257 orang berasal dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), 99 orang dari Fakultas Pertanian (Faperta), 34 orang dari Fakultas Peternakan (Faterna), 158 orang dari Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FHISIP), dan 308 orang dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Berikutnya, 114 orang dari Fakultas Teknik (FT), 36 orang dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), 3 orang dari Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK), dan 16 orang dari Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri (Fatepa).

Rektor Unram, Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo, M.Agr.St., Ph.D. dalam pidatonya menyampaikan ucapan selamat kepada para wisudawan dan wisudawati yang telah berhasil menyelesaikan studi mereka.

“Atas nama civitas akademika Unram, saya mengucapkan selamat kepada para wisudawan dan wisudawati yang telah berhasil menyelesaikan studi di Unram. Kerja keras saudara selama bertahun-tahun, menghadapi berbagai tantangan dan rintangan, suka dan duka, hari ini telah membuahkan hasil,” ungkap Prof. Bambang.

Rektor Unram juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh orang tua wisudawan dan wisudawati atas keberhasilan putra-putri mereka dalam menempuh pendidikan di Unram. “Kepada orang tua wisudawan dan wisudawati, saya menyampaikan selamat berbahagia atas keberhasilan putra-putri Bapak/Ibu,” tambahnya.

Lebih lanjut Prof. Bambang mengingatkan para wisudawan tentang tantangan di era Revolusi Industri 4.0. “Saudara-saudara harus menjadi pembelajar andal yang kompeten, cerdas, lincah, dan adaptif menangkap peluang serta siap menghadapi tantangan masa depan yang terus meningkat seiring kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Untuk itu, saudara-saudara harus memiliki skill yang mencakup problem solving, kreatif, komunikatif, kolaboratif, berkarakter, memiliki leadership dan kepribadian yang kuat, serta berwawasan kebangsaan,” ujarnya.

Unram telah mengukir prestasi gemilang dan membanggakan di kancah nasional dan internasional. Berdasarkan QS World University Rankings, Unram berada di peringkat 19 PTN terbaik di Indonesia, dan merupakan salah satu dari tiga universitas di Indonesia Timur yang masuk dalam daftar tersebut, bersama Universitas Hasanuddin (Unhas) dan Universitas Udayana (Unud). Menurut Times Higher Education, Unram berada di peringkat 22 PTN terbaik se-Indonesia.

Unram berhasil meningkatkan jumlah Guru Besar dari 62 orang pada tahun 2021 menjadi 97 orang pada tahun 2024, dengan puluhan lainnya menunggu proses menuju Guru Besar. Unram juga terus meningkatkan jumlah mahasiswa internasional dengan membuka kelas-kelas internasional. Tahun 2022 terdapat 57 mahasiswa asing yang belajar di Unram dan mengalami peningkatan menjadi 143 orang pada tahun 2023. Pada semester ini jumlah mahasiswa internasional Unram mencapai 75 orang dari berbagai negara meliputi Korea Selatan, Belanda, Jerman, Cina, Mesir, Malaysia, Prancis, Myanmar, Australia, Singapura, Malaysia, dan Jepang.

Rektor Unram menekankan bahwa wisuda bukanlah akhir dari segalanya, tetapi merupakan langkah awal untuk mengamalkan ilmu yang telah diperoleh.

“Saudara-saudara adalah kebanggaan Unram. Jagalah nama baik almamater, di manapun anda berada dan bertugas. Jadilah agen perubahan bagi bangsa, melalui kerja keras, kreativitas, dan inovasi, serta menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran dan kedisiplinan. Gunakanlah ilmu yang saudara miliki untuk membantu masyarakat, dunia usaha, dunia industri, pemerintah dan mitra lainnya dalam menyelesaikan permasalahan dan tantangan yang semakin kompleks di masa depan,” pesan Rektor Unram.

Rektor Unram lebih lanjut mengutip pernyataan dari Thomas J. Stanley seorang pakar bisnis Amerika. “Kesuksesan seseorang tidak ditentukan oleh IPK semata maupun almamater top tempat belajarnya, melainkan ditentukan oleh soft skill yang dimiliki seperti kejujuran, kedisiplinan, kecerdasan bergaul, kerja keras, cinta terhadap pekerjaan, leadership yang kuat serta kepribadian kompetitif dan kreatif,” sebutnya.

Menutup pidatonya, Rektor menyampaikan ucapan terima kasih kepada orang tua wisudawan, para dosen, tenaga kependidikan, dan semua pihak yang telah berkontribusi dalam penyelenggaraan pendidikan di Unram. “Ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para dosen, seluruh tenaga kependidikan, dan semua pihak yang telah berkontribusi pada penyelenggaraan pendidikan di Unram,” pungkas Rektor Unram.

Dengan semangat dan bekal yang telah didapat, para wisudawan diharapkan dapat berkontribusi secara positif di masyarakat dan menjadi agen perubahan yang membawa kemajuan bagi bangsa dan negara. (ron/*)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -


Most Popular

Recent Comments