spot_img
Minggu, Juli 21, 2024
spot_img
BerandaPENDIDIKANTK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Mataram Lakukan Asesmen Awal bagi Peserta Didik...

TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Mataram Lakukan Asesmen Awal bagi Peserta Didik Baru

Mataram (Suara NTB) – TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Mataram melaksanakan asesmen awal bagi calon peserta didik baru pada Sabtu, 6 Juli 2024. asesmen awal itu dalam bentuk observari yang terdiri dari kegiatan bermain di dalam kelas dan skrining kesehatan.

Kepala TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Mataram, Baiq Lina Rahmayanti, S,Ag., mengatakan, kegiatan observasi dilakukan sebagai kegiatan asesmen awal peserta didik baru. Bertujuan untuk melihat perkembangan awal peserta didik.

“Pada kegiatan observasi, ibu guru menyiapkan beberapa pilihan main untuk dimainkan oleh anak, seperti bermain lego, menggambar bebas, bermain playdough, puzzle, dan meronce,” ujarnya.

Pada kegiatan ini, guru mengamati dan mencatat perkembangan awal anak seperti kemampuan bahasa saat menceritakan gambar yang dibuat. Termasuk kemampuan motorik halus pada saat bermain playdough.

Sementara pada kegiatan skrining kesehatan dilakukan pemeriksaan deteksi dini perkembangan anak. Pemeriksaan itu bertujuan mendapatkan informasi dini mengenai perkembangan anak.

“Jika terjadi penyimpangan dapat dirujuk kepada pihak yang lebih ahli (Puskesmas atau Rumah Sakit atau dokter anak/ psikolog). Untuk pemeriksaan tersebut sekolah menggunakan aplikasi Telenursing SDIDTK,” jelas Baiq Lina.

Pihaknya berharap dalam penerimaan peserta didik baru itu dapat membangun kemitraan yang baik dengan orang tua terkait upaya meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan anak. TK yang berada di Jalan Kebudayaan nomor 5, Cakranegara ini memiliki visi Taqwa, Cerdas, dan Mandiri. “Belajar melalui bermain dengan dukungan stimulasi pertumbuhan dan perkembangan anak,” tambah Baiq Lina.

TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Mataram memiliki sejumlah program unggulan, Baiq Lina menyebutkan, di antaranya menanamkan karakter Islami, mengenalkan literasi dan numerasi awal, dan membangun kreativitas dan kemandirian. Selain itu, memiliki ekskul menari dan menggambar, serta kelas orang tua. (ron)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -


Most Popular

Recent Comments