spot_img
Senin, Juli 22, 2024
spot_img
BerandaNTBKOTA MATARAMMataram Tidak Defisit Calon Pejabat

Mataram Tidak Defisit Calon Pejabat

Mataram (Suara NTB) – Pemerintah Kota Mataram telah menggelar asesmen 100 pejabat eselon III dan IV. Pemetaan ini dibutuhkan untuk mengetahui kapasitas dan kapabilitas aparatur sipil negara di Lingkup Pemerintah Kota Mataram. Dipastikan tidak ada defisit pejabat.

Sekretaris Daerah Kota Mataram, Lalu Alwan Basri ditemui di ruang kerjanya pada Senin, 8 Juli 2024 menjelaskan, asesmen pejabat administrasi dan pengawas telah dilakukan selama tiga hari pada pertengahan  bulan Juni lalu. Hasil pemetaan belum diserahkan oleh tim asesor dari Badan Kepegawaian Daerah Provinsi NTB. “Kita nunggu sebulan untuk hasilnya,” terang Alwan.

Pemetaan secara tidak langsung sebenarnya banyak stok aparatur sipil negara di lingkup Pemkot Mataram memiliki kapasitas dan kompetensi untuk memimpin unit kerja khususnya yang berasal dari pejabat administrasi dan pengawas.

Akan tetapi, asesmen dibutuhkan secara administrasi untuk menjadi tolok ukur bagi pejabat pembina kepegawaian untuk menunjuk atau menempatkan ASN di jabatan tertentu. “Kita banyak stok dan tidak defisif pejabat,” tegasnya.

Mantan Inspektur Inspekorat Kota Mataram itu memastikan, hasil pemetaan dari tim asesor akan dilihat sesuai kriteria penilaian yakni, sangat memuaskan, memuaskan, dan kurang memuaskan. Hal itu menjadi pertimbangan pejabat pembina kepegawaian.

Khusus pengisian jabatan pimpinan tinggi yang kosong lanjut Alwan, sistemnya sama dengan sebelumnya. Pihaknya akan melibatkan tim asesor dari luar agar lebih memberikan penilaian secara menyeluruh dan objektif. “Kalau kami hanya melihat secara kasat mata dan penyampaian proposalnya saja,” terangnya.

Diketahui, jabatan pimpinan tinggi pratama (JPTP) yang kosong adalah, Kepala Badan Keuangan Daerah, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dan Sekretaris DPRD Kota Mataram. Empat jabatan ini kosong karena telah pensiun. Khusus jabatan Sekwan akan kosong terhitung mulai 1 Agustus 2024,karena pensiun dini.

Di tahun ini juga terdapat empat jabatan organisasi perangkat daerah yang akan kosong. Yakni, Kepala Dinas Pertanian Kota Mataram, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Staf Ahli dan Asisten Bidang Administrasi Umum Setda Kota Mataram. (cem)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -


Most Popular

Recent Comments