spot_img
Minggu, Juli 14, 2024
spot_img
BerandaNTBDiperkirakan 3000 Peserta akan Hadir, NTB Siap Tuan Rumah TTG Nusantara

Diperkirakan 3000 Peserta akan Hadir, NTB Siap Tuan Rumah TTG Nusantara

Mataram (Suara NTB) – Provinsi NTB menjadi tuan rumah Teknologi Tepat Guna (TTG) Nusantara ke-XXV yang berlangsung tanggal 14 – 18 Juli 2024 yang akan digelar di kawasan jalan Udayana dan kawasan Islamic Center NTB. TTG selama ini menjadi wadah tempat berkumpulnya para inovator di dalam negeri dan melakukan sharing pengetahuan serta gagasan inovasi yang nantinya bisa diimplementasikan oleh masyarakat.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa, Kependudukan, dan Pencatatan Sipil (DPMPD-Dukcapil) NTB, Lalu Ahmad Nur Aulia mengatakan, dalam TTG ini diharapkan lahir teknologi yang sederhana, murah dan ramah lingkungan. Pihaknya terus mendorong mengembangkan potensi desa dengan keterampilan yang ada dalam TTG ini.

“Tentunya ini diharapkan bisa diptimalkan hingga tingkat desa, karena ini yang paling cocok. Karena pada umumnya yang namanya teknologi dari sisi biaya cukup mahal. Sehingga salah satu teknologi yang bisa diterapkan di desa ini adalah teknologi tepat guna ini,” kata Lalu Ahmad Nur Aulia, Rabu, 10 Juli 2024.

Para peserta TTG Nusantara ini adalah para kepala daerah seperti gubernur, bupati/walikota se Indonesia serta pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang menangani TTG. Kegiatan ini juga mengundang para peneliti, akademisi, investor dan lainnya. Jumlah tamu yang akan hadir di gelaran TTG ini diperkirakan sebanyak 2.500-3000 orang.

Para inovator akan mempresentaseikan teknologi yang dihasilkan di hdapan para akademisi dan investor dengan harapan bisa melengkapi teknologi yang dimaksud agar lebih baik dan bisa diimplementasikan di masyarakat.

Menurut Aulia, kegiatan TTG Nusantara ini akan memiliki dampak yang bagus bagi NTB sebagai destinasi wisata dan juga kepada masyarakat. Hotel-hotel akan banyak dipesan, restoran, UMKM, hotel hingga pelaku usaha suvenir diharapkan mendapatkan manfaat ekonomi dari hadirnya ribuan tamu dari luar daerah selama berlangsungnya TTG.

“Kita coba hidupkan usaha pariwisata pasca-pandemi, sehingga bisa memberikan dampak ekonomi kepada masyarakat. Pada intinya kami siap menyelenggarakan kegiatan ini,” ujarnya.

Menurutnya, ada sejumlah kegiatan yang akan dilakukan di TTG ini, salah satunya lomba-lomba. Provinsi NTB sendiri diwakili oleh Kota Bima, Kabupaten Sumbawa Barat dan Kota Mataram dengan menampilkan sejumlah karya inovasi.

Sebelumnya, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Diskominfotik) NTB, Dr. Najamuddin Amy, menyatakan TTG ini nantinya akan dihadiri oleh Pj Gubernur NTB, H. Hassanudin. Kegiatan ini sekaligus menjadi kesempatan untuk memperkenalkan Pj Gubernur NTB kepada seluruh mitra dan menyambut kehadiran peserta gelar TTG Nusantara dari seluruh Indonesia.(ris)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -



Most Popular

Recent Comments