spot_img
Sabtu, September 21, 2024
spot_img
BerandaNTBASDP Perkirakan Penyeberangan Lombok-Bali Meningkat Saat MotoGP

ASDP Perkirakan Penyeberangan Lombok-Bali Meningkat Saat MotoGP

Mataram (Suara NTB) – Pergerakan penumpang penyeberangan Lombok-Bali di Pelabuhan Lembar diperkirakan akan meningkat saat perhelatan MotoGP berlangsung. Peningkatan pergerakan penumpang ini diperkirakan akan mencapai 5 persen lebih tinggi dibanding hari biasa.

General Manager ASDP Cabang Lembar, Agus Djoko Triyanto mengatakan saat ini, pergerakan penyeberangan dari dua sisi terpantau masih normal, belum ada peningkatan sama sekali.

“Sekarang masih terpantau regular, artinya pergerakan penumpang masih sama seperti hari-hari biasa, sekitar 1.500an. Sementara dalam minggu depan kemungkinan ada peningkatan untuk masing-masing golongan di aangka 5 persen,” ujarnya, Jumat, 20 September 2024.

Agus menjabarkan prediksi jumlah pergerakan penumpang pada saat event MotoGP berlangsung dapat mencapai 69.683 penumpang, untuk roda dua diprediksi mencapai 14,329, roda empat 3,484, Bus dan Truck 3,908. Yang mana, jumlah tersebut mengalami kenaikan rata-rata lima persen dari tahun sebelumnya.

Ia mengatakan pihaknya tidak bisa menargetkan jumlah penyeberangan mencapai dua kali lipat. Hal ini karena banyaknya jalur masuk penyerbangan menuju Mandalika.

“Pintu masuk ke Lombok terpecah menjadi beberapa pintu. Jadi kita tidak terlalu ekstrem untuk memproyeksikan di segmen penyeberangan,” katanya.

Saat MotoGP 2023 lalu, jumlah penyeberangan mengalami penurunan dibanding dengan perhelatan MotoGP pertama kali yang diselenggarakan tahun 2022. Oleh karenanya, Agus mengatakan pihaknya tidak berani memprediksi peningkatan tajam penyeberangan di perhelatan kali ini.

Kenaikan jumlah penumpang kapal Bali-Lombok ini dikatakan mulai meningkat pada tanggal 23 September nanti, dan puncaknya pada saat perhelatan MotoGP berlangsung yaitu tanggal 27, 28, dan 29 September 2024.

“Lebih puncak lagi di tanggal 30 karena saat itu masyarakat bergerak bersamaan dari Mandalika dan berniat kembali ke daerah asal,” lanjutnya.

Untuk kelancaran transportasi laut jalur Bali-Lombok ini, ASDP menyiapkan 23 kapal untuk mengangkut penumpang. Sementara untuk jalur Lembar-Jangkar disiapkan empat kapal untuk membawa penumpang.

ASDP cabang Lembar dan Padangbai juga telah memastikan segala fasilitas dan keamanan di kedua pelabuhan sudah memadai, termasuk dengan jumlah SDMnya.

Disediakan juga posko keamanan di sekitar pelabuhan, yang mana pihak ASDP bekerja sama dengan TNI, Polri untuk menyiapkan posko MotoGP. (era)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -


VIDEO